Mengenal lebih jauh tentang Broker STP

Broker merupakan seseorang individu atau perusahaan yang mengambil tanggung jawab untuk menjadi agen antara pembeli dan penjual instrumen keuangan saat pengisian biaya (biaya komisi). Dari sekian banyak broker, pernahkah anda mendengar broker STP? Nah STP itu sendiri merupakan kepanjangan dari Straight Through Processing. Jadi broker STP adalah broker yang ordernya dilempar lagi ke broker lainnya. Broker STP ini sangat menguntungkan sekali bagi trader. Berikut ini alasan kenapa broker STP sangat menguntungkan sekali bagi trader.

  1. Broker STP tidak selalu menggunakan spread yang berfluktuasi (bisa fixed spread)
  2. Broker STP tidak terdapat komisi (kecuali memang dicharge tersendiri oleh brokernya sebagai extra income atau jasa pelayanan)
  3. Broker STP melempar ordernya hanya ke 1 atau 2 liquiditor saja (tidak banyak) yang biasanya dilempar kepada broker lain yang lebih besar, ataupun dilempar kepada broker ECN / liquiditor lain seperti bank tertentu.
  4. Kualitas order broker STP adalah tergantung kepada liquiditornya. Bila broker STP melempar ordernya ke jenis broker yang Dealing Desk (bandar) sebagai liquiditornya maka kualitas ordernya akan tergantung pada bandar tersebut.

Untuk lebih jelasnya mengenai broker STP perhatikan contoh berikut ini!

Bank A harga ask =1.23459 harga bid 1.23452

Bank B harga ask =1.23460 harga bid 1.23453

Bank C harga ask =1.23458 harga bid 1.23454

Bank D harga ask =1.23556 harga bid 1.23451

Bank E (liquidy Porvider) harga ask =1.23457 harga bid 1.23449

Bank F harga ask =1.23558 harga bid 1.23452

Bank G harga ask =1.23461 harga bid 1.23451

Bank H harga ask =1.23455 harga bid 1.23453

Bank I harga ask =1.23459 harga bid 1.23450

Dari beberapa bank diatas, broker STP normalnya akan mencari harga terbaik bagi trader mereka, pada contoh diatas, harga terbaik untuk posisi bid adalah 1.23454 dan harga terbaik untuk posisi ask adalah 1.23455 . hingga pasangan harga beli dan jual yang akan mereka tawarkan kepada klien pada saat ini adalah 1.23454/1.23455.

Melalui hal ini, para trader akan mendapatkan harga terbaik sesuai dengan nilai spread yang ditetapkan oleh broker (semakin banyak liquidity provider maka akan semakin kompetitif spread yang ditawarkan). Berikut ini diagramnya supaya lebih jelas.

broker stpKelebihan broker STP

  1. Kecepatan eksekusi order (no requote)

Jika anda termasuk salah satu trader yang sering kali kehilangan moment yang menguntungkan akibat sering terjadinya requote pada broker anda, maka ada baiknya anda mecoba broker berjenis STP.

Selain karena berbasis Non Dealing Desk, yang langsung melempar orderan trader mereka ke liquiditor besar, broker berjenis STP memberikan kecepatan eksekusi langsung sesuai dengan harga real pada market dengan waktu kurang dari 1 detik.

Dimana anda tidak perlu khawatir lagi jika orderan yang anda inginkan ditolak atau sengaja diperlambat oleh broker berjenis ini.

  1. Semua fitur order otomatis yang terbuka

Dengan semua fitur yang terbuka. Para trader saat ini bisa menentukan minimum hingga sekian point dari harga market untuk settingan stop loss, trailing stop, limit.

Saat ini, Anda bisa menentukan sendiri seberapa besar peluang yang bisa Anda dapatkan langsung dari market tanpa ada gangguan dari pihak broker, bahkan selama pasar bergerak dengan cepat

  1. Memperbolehkan berbagai teknik dan strategi trading.

Tidak ada yang lebih menyenangkan selain bisa menggunakan semua teknik trading yang di inginkan tanpa merasa dibatasi, terlebih ketika mereka bisa menghasilkan profit dalam jumlah yang besar.

Broker yang termasuk kedalam category ini tidak mempermasalahkan jika para trader mereka bisa mendapatkan profit dalam jumlah besar ataupun mempermasalahkan penggunaan teknik dan strategy trading dengan gaya tertentu, melainkan lebih concern agar para trader mereka bisa mendapatkan order sesuai dengan apa yang diminta.

Yang sudah pasti hal ini berlawanan dengan broker-broker yang bertrading melawan trader mereka, dimana kekalahan trader adalah keuntungan bagi broker.

  1. Transparansi harga dan volume

Semua harga terbuka dengan lebih fair dan transparan. Anda dapat melihat langsung bahwa orderan yang anda inginkan disalurkan langsung ke market, sehingga tidak ada resiko kesalahan order – terutama jika anda melakukan transaksi yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *